Monday, March 31, 2008

Jepang Impor Gas Mau Bangun Distribusi, KITA?

Ikut sedih membaca berita di bawah ini. Jepang sudah puluhan tahun terus menerus mampu menekan pemerintah agar tetap mengekspor LNG kesana. Lalu mereka tinggal bangun jaringan distribusi hingga bisa menjalari seluruh pelosok kota dan negeri mereka. Sementara itu, kita tetap mengekspor gas LNG karena katanya tidak bisa disalurkan ke luar Bontang. Lalu akan dibangun pipa gas Bontang-Banjarmasin-Jawa, tapi belakangan katanya reserve nya kurang.

Maunya gimana seh? Sementara Kalimantan termasuk Kaltim sendiri tetap mengalami brown-out dan terkadang black-out. Juga PGN tidak bersemangat membangun pipa distribusi, akhirnya katanya Pertamina yang akan membangun, termasuk untuk mengantisipasi kebutuhan gas Busway TransJakarta.

Sungguh membingungkan gas policy kita.

Wassalam,

ES

Bisnis.Com - Bisnis Indonesia Online: Referensi Bisnis Terpercaya » Edisi Cetak » Edisi Harian » Pertambangan » <small>EKSPLORASI</small><br>Tokyo Gas investasi US$1,08 miliar

Senin, 31/03/2008

EKSPLORASITokyo Gas investasi US$1,08 miliar
Cetak
TOKYO: Perusahaan distributor gas terbesar di Jepang Tokyo Gas akan menaikkan investasinya sebagai bagian strategi perusahaan untuk meningkatkan jaringan pipa dan konsumennya.
Perusahaan itu merencanakan melakukan investasi US$1,08 miliar (107 miliar yen) tahun ini. Di sisi lain, dalam lima tahun mendatang perusahaan gas itu melakukan investasi sebesar 461 miliar yen.
Investasi itu merupakan bagian dari rencana perusahaan untuk lebih menigkatkan pelayanan gas kepada penduduk Tokyo dan sekitarnya yang mencapai 10 juta pelanggan. (Bloomberg/fh)

No comments: